Tips Membuat Sosis yang Kenyal dan Sehat

Cara Membuat Sosis Lezat

Sosis, penganan yang satu ini mungkin tidak asing lagi di telinga kita. Rasanya yang lezat dan harganya yang cukup terjangkau membuat sosis menjadi salah satu penganan favorit, terutama bagi anak – anak. Tidak hanya lezat, sosis juga sehat dan bergizi, maka tidak salah jika sosis menjadi makanan dambaan anak – anak. Meski begitu, sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi sosis terutama sosis yang terbuat dari daging, karena umumnya sosis mengandung banyak lemak dan dapat mengakibatkan kolestrol jika dikonsumsi secara berlebihan. Lalu bagaimana caranya agar tetap bisa mengonsumsi sosis yang lezat nan menggoda ini?

sausage-meals-header-600w

Belum lama ini, sebuah lembaga kesehatan WCRF (World Cancer Research Fund) di Inggris menyatakan bahwa konsumsi sosis berlebihan dapat meningkatkan resiko kanker sebesar 20%. Hal ini dikarenakan kandungan bahan pengawet yang terdapat didalam sosis yang dijual di pasaran. Jika anda penyuka sosis, mungkin ada baiknya jika anda membuat sendiri sosis tersebut sehingga anda bisa memastikan bahan yang digunakan sehat dan berkualitas. Berikut Wiratech akan membagikan tips membuat sosis yang kenyal dan sehat.

  1. Tekstur

Bahan yang pasti digunakan saat membuat sosis di antaranya adalah daging, lemak, sedikit cairan dan garam. Tanpa ke empat bahan dasar tersebut maka tidak akan menjadi sosis. Anda harus mulai mencoba mencari racikan yang tepat untuk menghasilkan tekstur yang diinginkan. Jika anda ingin tekstur sosis yang lembut maka anda harus menambahkan lebih banyak lemak dan air/susu, anda juga membutuhkan daging tanpa lemak. Setelah menemukan rasio yang tepat anda bisa menambahkan bahan-bahan lainnya didalamnya, seperti lada hitam, peterseli dan lain sebagainya.

sausages_getty2400
macam-macam sosis dengan tekstur yang berbeda-beda
  1. Jaga Daging Tetap Dingin

Ini penting untuk dilakukan agar sosis nantinya tidak mudah hancur dan lemaknya tetap menyatu sehingga menghasilkan sosis yang juicy dan lezat. Anda bisa memotong kotak-kotak dan simpan ke dalam lemari es semalaman. Suhu yang tepat untuk bisa mengolah daging ini adalah suhu 4-5°C. anda juga bisa menyimpan terlebih dahulu meat grinder atau mangkuk pengaduk kedalam kulkas agar menjaga adonan tetap dingin. Jangan disimpan di lemari es karena bisa menyebabkan mesin tidak bisa bekerja dengan baik nantinya.

img_3259
frozen meat
  1. Bumbui Adonan Dengan Baik

Gunakan bumbu yang tepat untuk menghasilkan rasa yang lezat. Pastikan juga agar anda tidak menambahkan penyedap rasa karena akan membuat sosis menjadi kurang sehat, rasa gurih akan muncul dengan sendirinya dari dalam daging yang bercampur bumbu lainnya. Penggunaan garam juga bisa menjadi pengawet alami bagi sosis. Cicipi rasa adonan sosis sebelumnya, ambil sedikit adonan dan masak di wajan anti lengket. Masak dengan api kecil dan perlahan agar rasa asli sosisnya keluar.

img_3263
adonan daging
  1. Gunakan Peralatan yang Tepat

Penting untuk menggunakan peralatan yang tepat. Gunakan meat grinder dan sausage stuffer (pencetak sosis) dengan bahan full stainless demi menjamin daging akan tetap baik. Material stainless juga akan menjaga suhu dingin dari daging.

sausages-made-simple-fresh-sausage-making_1_large
contoh mesin pencetak sosis (sausage stuffer)
  1. Masak dengan Benar

Mungkin masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara memasak sosis dengan benar. Ryan Farr seorang butcher kenamaan di San Fransisco mengatakan bahwa memasak sosis yang benar adalah dengan tidak memotong/ menyayat bagian sosis itu sendiri. Karena itu akan menyebabkan sosis menjadi mekar dan kering sehingga tidak terasa juicy lagi. Cara memasak sosis yang benar adalah dengan memasaknya dengan api kecil dan perlahan. Baik anda mau menggoreng, membakar ataupun merebusnya. Hal tersebut akan menjaga sosis tetap juicy, gurih dan lezat.

20150814-sous-vide-sausage-anova-kenji-06
hasil sosis dipanggang dengan suhu yang berbeda-beda

—RAT-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s