Mesin Giling Daging Manual vs Otomatis

Memilih Mesin Giling Daging

Apakah anda sedang bingung memilih antara mesin giling daging manual atau mesin giling daging otomatis? Anda seorang pengusaha pembuatan bakso atau burger? Atau anda hanya akan menggunakannya sebagai konsumsi pribadi demi memastikan kualitas daging yang anda konsumsi? Apapun alasannya anda sedang mempertimbangkan untuk membeli mesin giling daging. Saat anda sudah bisa menggiling daging sendiri maka anda tidak perlu lagi membeli daging giling yang dijual di pasar atau supermarket. Akan sangat baik memiliki mesin giling daging sendiri karena anda dapat memastikan higienitas dan kebersihan dari alat yang anda gunakan. Ada 2 jenis mesin daging giling yang mungkin bisa menjadi pertimbangan anda nantinya, Wiratech akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan mengguanakan masing masing jenis mesin daging giling tersebut.

Mesin Giling Daging Manual

Kelebihan

Mesin giling daging jenis ini tergolong mesin giling daging dengan harga yang lebih murah dari mesin giling daging otomatis. Anda mungking bisa mendapatkanya tanpa harus merogoh kocek terlallu dalam. Harganya yang murah juga mungkin akan sangat menghemat pengeluaran anda. Mesin giling daging ini juga memiliki ukuran yang lebih kecil dari mesin giling daging otomatis. Jadi bila anda memiliki dapur yang sempit ini akan sangat menguntungkan anda karena tidak akan memerlukan ruang yang terlalu besar.

Kekurangan

Kekurang yang paling dirasakan dari penggunaan mesin giling ini adalah bahwa anda harus menggunakan tenaga sendiri untuk bisa menghasilkan gilingan daging. Anda harus kerja keras untuk bisa menghasilkan daging giling yang baik. Hal yang harus anda ingat saat menggunakan mesin manual adalah mengatur daging agar tidak bercecer saat akan menggiling dalam jumlah banyak. Karena mesin manual tidak bisa bekerja secepat mesin elektrik maka daging dapat memanas seiring waktu dan menyebabkan  daging rusak. Sebaiknya anda tetap menyimpan daging di dalam lemari es dan mengeluarkan sedikit demi sedikit saat akan menggilingnya.

Mesin Giling Daging Otomatis

Kelebihan

Mesin giling daging jenis ini lebih cepat dan juga lebih efisien daripada mesin giling manual. Anda cukup memasukan potongan daging ke dalam mesin dan mesin akan bekerja secara otomatis menggiling daging hingga halus. Kebersihan juga lebih terjaga jika menggunakan mesin otomatis karena anda tidak perlu khawatir akan daging yang tercecer atau mengotori tangan anda seperti saat anda memutar tuas menggunakan mesin giling manual.

Kekurangan

Mesin giling daging otomatis / elektrik pasti jauh lebih mahal daripada mesin yang manual. Anda harus membayar lebih untuk kenyamanan dalam menhggiling daging yang lebih mudah, cepat dan efisien

Kesimpulan

Semua tergantung pada selera anda sendiri pada akhirnya. Ada beberapa orang yang tidak apa jika harus kerja keras menggiling daging dengan mesin manual. Ada juga orang yang tidak mau capek sehingga lebih memilih mesin giling daging otomatis. jika anda adalah seorang pengusaha yang membutuhkan banyak daging giling, alangkah baiknya jika anda menggunakan mesin giling daging otomatis yang jauh lebih mudah, cepat dan efisien. Tapi jika anda hanya akan membuat sedikit daging giling atau menggunakannya hanya untuk keperluan pribadi, ada baiknya jika anda memilih mesin giling daging manual yang harganya jauh lebih murah dan lebih menghemat tempat.

—RAT-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s